Manfaat Beras Kencur Tinggalkan komentar

Manfaat beras kencur sangat banyak bagi kesehatan. Meski harganya yang terjangkau, khasiatnya jauh lebih banyak daripada perkiraan Anda lho. Namun demikian, masih banyak pula yang jarang mengonsumsi jamu tradisional ini dikarenakan manfaat jamu beras kencur ini belum banyak diketahui oleh semua orang.

Oleh karenanya, melalui tulisan ini saya akan menjelaskan manfaat beras kencur bagi kesehatan, manfaat beras kencur bagi kecantikan Anda, dan bagaimana caranya membuat jamu beras kencur.

Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan

Setidaknya ada lebih dari 10 khasiat beras kencur bagi kesehatan yang selama ini diketahui secara medis maupun secara kepercayaan turun temurun.

1 Mempertahankan Gula Darah Tetap Normal

Ternyata, beras kencur mampu menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya tetap normal. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari farmasi Universitas Tanjungpura, yang ternyata khasiat beras kencur tersebut, tetap ada meski Anda telah menstop meminum jamu beras kencur tersebut.

Khasiat jamu beras kencur ini tentu menjadi kabar baik bagi para penderita diabetes yang kesulitan mengendalikan kadar gula darahnya.

Namun, bukti-bukti yang diperoleh sampai saat ini masih merupakan penelitian skala kecil. Masih sangat perlu dibutuhkan bukti dari penelitian dengan skala yang lebih besar pada manusia untuk memastikan manfaat dan keamanan konsumsi beras kencur dalam jangka panjang.

2. Meredakan diare

Nah, jangan salah ternyata jamu beras kencur juga memiliki khasiat sebagai obat diare alami. Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa kencur dapat meredakan gejala diare dikarenakan kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah.

Dari hasil penelitian tersebut memperlihatkan gejala diare pada hewan uji coba yang diberikan ekstrak kencur akan berangsung membaik. Sementara kelompok lainnya tidak menunjukkan hal yang sama. Kelompok hewan uji coba yang tidak mendapatkan ekstrak kencur cenderung mengalami gejala diare terus menerus.

Meskipun demikian, bukti dari manfaat beras kencur yang satu ini masih berdasarkan studi kecil yang dilakukan pada hewan. Belum ada penelitian besar-besaran yang dilakukan pada partisipan manusia dalam skala luas yang bisa memastikan manfaat kencur ini.

3. Meredakan Batuk Berdahak dan Flu

Batuk berdahak merupakan batuk yang cukup menyiksa para penderitanya. Dengan meminum segelas beras kencur mungkin dapat membantu meringankan batuknya berdahak tersebut.

Ramuan tradisional jamu beras kencur ini sudah lama dipercaya sebagai obat tradisional batuk berdahak.

Beras kencur selain mampu membantu mengencerkan dahak sehingga tenggorokan terasa lega ternyata juga mampu meringankan gejala sakit flu. Hal ini dikarenakan jamu beras kencur memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi virus penyebab batuk dan flu.

Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui cara kerja dan dosis dari jamu beras kencur untuk mengobati batuk berdahak.

4. Membantu meningkatkan nafsu makan

Nah, bagi orang tua yang mempunyai anak susah makan, mungkin bisa dicoba dengan memberikan jamu beras kencur ini pada buah hati mereka. Anda bisa menyajikan jamu beras kencur hangat atau dingin. Karena jamu ini sangat enak diminum dalam keadaan hangat atau dingin sekalipun.

Dengan konsumsi beras kencur secara teratur, dapat meningkatkan nafsu makan karena zat di dalam beras kencur memiliki sifat carminative.

5. Membantu Tubuh Tetap Ideal

Sebelumnya telah kita ketahui bersama bahwa beras kencur mampu meningkatkan nafsu makan, tapi kok bisa membantu tubuh tetap ideal?

Alasannya karena jamu beras kencur memiliki kandungan zat yang dapat membakar lemak pada tubuh yang secara efektif membantu tubuh menjadi langsing dan ideal. Hal ini juga berkaitan erat dengan kemampuan beras kencur dalam mengurangi kadar glukosa darah dan mempertahankannya. Karenanya, jamu beras kencur juga cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang saat ini menjalani program diet.

6. Menambah Stamina Tubuh

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin setiap malam hari dapat membantu mengisi stamina tubuh sehingga keesokan paginya mampu bangun dengan energi dan mood yang lebih baik.

Kandungan kencur dapat membantu meningkatkan energi dan kesadaran sehingga dapat mengatasi kelelahan. Selain itu, beras kencur juga dapat memberikan efek stimulasi pada sistem yang berperan penting dalam imunitas tubuh.

7. Menyingkirkan Kolesterol Jahat

Khasiat jamu beras kencur juga dapat memperlancar aliran empedu sehingga membantu penyerapan makanan yang masuk dalam tubuh. Sehingga, kolesterol jahal dalam tubuh pun bisa disingkirkan.

Tentu saja hal ini dikarenakan kencur yang memiliki sintase asam lemak dengan kandungan flavonoidnya, seperti kaempferol, quetcetin, dan galanin sehingga kolesterol trigliserida dapat keluar dari tubuh.

8. Mampu menangkal radikal bebas

Jamu beras kencur mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas pada tubuh. Tentu saja radikal bebas seperti sinar matahari dan polusi sangat berbahaya bagi tubuh. Tapi untungnya semua itu mampu ditangkal oleh jamu tradisional yang ajaib ini.

Jamu beras kencur ini juga memiliki kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi yang dapat melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan radang.

Juga terdapat senyawa yang mampu mencegah lepasnya zat yang merangsang radang atau nyeri.

Selain itu, antioksidan yang tinggi pada jamu beras kencur juga dapat membantu tubuh tetap sehat, prima, dan terhindar dari segala penyakit.

9. Meredakan Nyeri

Pernahkah Anda merasa nyeri dan pegal-pegal di sekujur tubuh?

Jika pernah, mungkin Anda perlu konsumsi beras kencur ini. Kandungan zat analgesiknya dapat membantu meredakan rasa nyeri yang Anda rasakan tersebut.

10. Mengatasi Keseleo dan Bengkak

Biasanya, ketika Anda mengonsumsi jamu beras kencur, ada sisa atau ampas yang mengendap di wadah jamu tersebut. Sangat sayang ya jika dibuang. Karena ternyata ampas dari jamu beras kencur mampu mengatasi keseleo dan bengkak dengan cara mengoleskan pada bagian tubuh yang bengkak tersebut.

11. Mencegah Kanker

Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler.

Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kecantikan

Selain manfaat kesehatan, ternyata beras kencur juga bermanfaat untuk kecantikan. Antara lain mampu mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Caranya, konsumsi beras kencur secara teratur minimal 1 gelas tiap hari ya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker di wajah untuk perawatan kulit.

Dan insya Allah, perawatan yang dilakukan dari luar dan dari dalam akan memaksimalkan hasil dari khasiat jamu beras kencur itu sendiri.

Oleh karena itu, mari kita rutin konsumsi jamu beras kencur untuk mendapatkan beragam manfaat yang telah kami sebutkan di atas. Selain itu, dengan mengonsumsi beras kencur secara rutin secara tidak langsung kita turut serta mempertahankan budaya serta kekhasan kuliner nusantara kita.

Dan tetap ingat, selalu imbangi konsumsi jamu tradisional dengan pola makan dan gaya hidup sehat agar tubuh tetap sehat.

Apa Saja Kandungan Jamu Beras Kencur?

Nah, jika sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat jamu beras kencur, selanjutnya kita akan membahas apa saja kandungan jamu beras kencur sehingga mempunyai beragam manfaat yang telah di sebutkan di atas.

Etil parametoksisinamat 

Khasiat kencur berasal dari kandungan senyawa Etil parametoksisinamat atau disingkat EPMS. Senyawa EPMS merupakan senyawa yang paling banyak terkandung dalam rimpang kencur.

Salah satu manfaat senyawa Etil parametoksisinamat adalah sebagai bahan dasar sediaan kosmetik tabir surya yang melindungi kulit dari efek buruk radiasi sinar ultraviolet. Menarik, bukan?

Mikroba yang rendah dan antioksidan yang tinggi

Sebuah penelitian di Yogyakarta menemukan bahwa minuman jamu beras kencur yang sudah melalui proses blanching dan pasteurisasi, memiliki jumlah mikroba yang sangat rendah serta aktivitas antioksidan yang tinggi. 

Komponen bioaktif dari rimpang kencur sebagai bahan utama jamu beras kencur juga memiliki kandungan senyawa fenolik. Jumlahnya bisa dibilang setara dengan 146 mg asam galat dan kapasitas antioksidan yang kurang lebih setara dengan 77 mg asam askorbat. 

Senyawa fenolik dari jamu beras kencur juga membantu dalam mencegah penyerapan glukosa di saluran pencernaan sekaligus mencegah penyerapan glukosa di ginjal.

Manfaat beras kencur yang lain adalah meningkatkan toleransi glukosa dan mencegah terjadinya gluconeogenesis (pembentukan glukosa baru) serta mencegah kerusakan pada sel-sel pankreas akibat aktivitas radikal bebas. 

Flavonoid

Manfaat beras kencur selanjutnya berasal dari komposisi bahan utamanya, yaitu beras tumbuk dan rimpang kencur. Keduanya mengandung senyawa polifenol sebagai antioksidan.

Senyawa tersebut memiliki kemampuan mengurangi kerusakan pada sel-sel jaringan tubuh dengan cara mengikat radikal bebas serta mengurangi stres oksidatif pada sel tubuh. 

Kandungan flavonoid dalam jamu beras kencur, seperti kaempferol dan apigeninor, pun ternyata bermanfaat dalam meningkatkan sekresi hormon insulin. Tak hanya itu, antioksidan ini juga mampu meningkatkan penggunaan glukosa di jaringan perifer. 

Vitamin B

Vitamin B banyak terkandung pada jamu beras kencur karena bahan baku beras kencur adalah berasal dari beras. Beras sendiri banyak mengandung vitamin B sehingga merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Mengingat khasiat jamu beras kencur yang sangat banyak mulai dari meredakan sakit ringan seperti flu dan batuk, hingga mampu mencegah kanker, maka tak heran jika Anda juga perlu tahu bagaimana cara membuat beras kencur.

Sebelumnya siapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan ya…

Bahan yang perlu disiapkan:

– 3 rimpang kencur (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)

– 1 rimpang jahe (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)

– 100 gram beras putih (rendam dalam air selama 3 jam, sangrai, dan haluskan)

– 1 sdm air asam jawa

– 5 cm kunyit (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)

– Gula pasir secukupnya

– Gula jawa secukupnya yang sudah disisir halus

– 3 gelas besar air

Cara membuat jamu beras kencur:

1. Panaskan air lalu masukkan kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir dan gula jawa.

2. Rebus semua bahan hingga mendidih.

3. Jika sudah mendidih, saring air rebusan. Pisahkan ampas dengan air yang jernih.

4. Selanjutnya, masukkan sedikit beras yang sudah direndam dan dihaluskan ke dalam air rebusan.

5. Jika ingin rasa kencur lebih pekat, kamu bisa menambahkan kencur mentah yang telah dimemarkan ke dalam air rebusan.

6. Aduk rata dan tunggu hingga pati kencur atau beras mengendap di bawah.

7. Sajikan beras kencur selagi masih hangat.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim customer service kami siap membantu Anda
WeCreativez WhatsApp Support
Admin
Wiji Hatmoko
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
CS
Umi
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
CS
Dedy
Tersedia